Tips and Recommendation

3 Strategi Penentuan Harga Jual

Apakah kalian ingin memulai jualan tetapi bingung untuk menentukan harga jualnya? Ataukah kalian ingin mengetahui strategi untuk menentukan harga jual? Kebetulan, digital 360 akan membahas strategi penentuan harga jual yang bisa Anda praktekkan. Menetapkan suatu harga adalah aspek penting dalam penjualan sebuah produk. Karena harga jual menjadi faktor penentu apakah konsumen jadi membeli produk atau tidak, dilihat dari harganya. Serta menjadi penentu apakah produk yang Anda jual memiliki profit atau tidak. Yuk ketahui strategi penentuan harga jual!

Yuk Ketahui Strategi Penentuan Harga Jual!

Cost-Based Pricing

Image Source: Pexels.com

Strategi ini menggunakan biaya produksi sebagai acuan harga jual yang kemudian ditambah harga mark-up. Price Floor (harga jual keuntungan minimum) dan price ceiling (harga jual dengan keuntungan maksimum) yang akan digunakan dalam penentuan harga. Idealnya, harga jual yang diambil merupakan harga jual di tengah-tengah price floor dan price ceiling.

Keuntungan memakai strategi ini:

  • Penentuan harga menjadi lebih mudah
  • Mempermudah untuk menghitung keuntungan
  • Keuntungan tetap stabil

Value-Based Pricing

Value-Based Pricing disebut dengan Customer-Based Pricing yang menggunakan nilai produk atau jasa sebagai acuan. Harga yang digunakan biasanya diambil dari harga rata-rata yang customer rela bayar untuk produk tersebut yang kemudian disesuaikan kembali agar tidak rugi.

Keuntungan memakai strategi ini:

  • Dapat mematok harga dengan keuntungan yang lebih maksimal
  • Dapat meningkatkan kualitas produk namun tetap mendapat keuntungan
  • Meningkatkan kesan ekslusifitas terhadap produk tersebut

Competition-Based Pricing

Image Source: Pexels.com

Dikenal dengan competitive pricing. Harga yang dipakai akan diambil dengan melihat harga kompetitor yang menjual produk serupa. Biasanya harga yang digunakan merupakan harga yang lebih murah dibanding kompetitor sehingga menarik konsumen.

Keuntungan memakai strategi ini:

  • Mempertahankan pelanggan lama walaupun banyak pesaing baru
  • Tetap dapat bersaing dalam pasar yang menjual barang serupa
  • Meningkatkan peluang mendapatkan peningkatan pendapatan

Baca artikel lainnya tentang Bagaimana Cara untuk Mendapatkan Modal Usaha?


Itulah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan sebagai penentuan harga jual. Kalian dapat menentukan harga jual dengan menghitung modal terlebih dahulu. Modal yang Anda gunakan untuk memproduksi barang yang Anda jual. Jangan sampai salah untuk menghitung modal penjualan ya, karena akan mempengaruhi profit yang akan Anda dapatkan.

One thought on “3 Strategi Penentuan Harga Jual”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *