Social Media Marketing

5 Prediksi Tren dalam Media Sosial di Tahun 2023

Wah siapa nih anak sosmed yang mempersiapkan tren di tahun depan? Memang tahun 2023 sudah didepan mata, tentunya Anda harus mengetahui tren media sosial di tahun 2023 agar dapat menyiapkan strategi perencanaan yang tepat dalam platform media sosial untuk sebuah bisnis. Media sosial menjadi platform yang paling penting bagi sebuah bisnis untuk menarik pelanggan. Anda harus beradaptasi dengan tren terbaru di media sosial agar terus relevan. Lalu seperti apa tren dalam media sosial yang diprediksikan untuk tahun 2023? Yuk baca lebih lanjut disini!

1. SEO Menggantikan Hashtag

Image Source: Pexels.com

Berdasarkan riset Google, 40% pengguna dengan rentang umur 18-24 tahun menggunakan media sosial sebagai mesin pencari utama. Kemudian caption yang disusun berdasarkan kata kunci akan meningkatkan reach sebesar 30% daripada hashtag. Artinya bila Anda ingin mendalami media sosial maka harus mampu untuk menggunakan strategi kata kunci pada setiap kontennya.

2. Video Pendek Tetap Diutamakan

Popularitas Instagram Reels dan TikTok masih akan meningkat di tahun 2023. Video pendek dapat memberi informasi, mendorong audiens mengambil tindakan, menciptakan tren, sekaligus hal yang menghibur. Karena itu, sebuah brand disarankan untuk terus memaksimalkan konten video pendek mereka dengan konten yang tren dan lagu yang yang sering muncul.

3. Kombinasi UGC dan IGC

Biasanya sebuah brand mengedepankan konten dengan influencer. Namun prediksi sosial media di tahun 2023 ini sebuah brand akan memanfaatkan UGC dan IGC. UGC (User Generated Content) merupakan berbagai bentuk konten baik tulisan, video, foto, review, dan lain sebagainya yang dibuat oleh konsumen, pelanggan, atau bahkan followers. Nantinya, brand tersebut akan mengupload kembali konten yang sudah dibuat oleh konsumen. Sedangkan IGC (Influencer Generated Center) merupakan bentuk konten baik tulisan, video, foto, review, dan lain sebagainya yang dibuat oleh influencer. Sudah pasti influencer memiliki skill dan pengalaman untuk menghasilkan konten menarik dengan kualitas yang baik. Oleh karena itu baik IGC maupun UGC, keduanya sangat penting dan pasti berpeluang jika dikembangkan.

4. Peningkatan Personalisasi yang Tinggi

Image Source: Pexels.com

Personalisasi merupakan suatu hal yang dapat diterapkan oleh sebuah brand di iklan media sosial mereka. Kini platform media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook sudah semakin canggih dan sebuah brand dapat melakukan targeting yang spesifik terhadap audiens yang ingin mereka jangkau. Alogaritma media sosial juga mampu untuk membantu audiens mendapatkan rekomendasi konten dan produk yang sesuai dengan apa yang mereka cari. Dengan tingginya personalisasi yang dilakukan di media sosial, maka akan semakin banyak pengguna yang memanfaatkannya sebagai sarana mencari produk dan layanan yang mereka butuhkan.

5. Meningkatnya Komunitas Media Sosial

Media sosial kini dapat menjadi sarana bagi audiens dengan minat yang sama untuk berkomunitas atau bertukar pikiran, membagikan rekomendasi tentang sebuah produk ataupun sebuah brand. Nah jika Anda dapat mengetahui adanya komunitas seperti ini, maka dapat dengan mudah bukan untuk mengambil tindakan selangkah lebih depan dan memanfaatkan komunitas ini untuk menyebarkan awareness dengan cepat.

Baca artikel lainnya tentang Apa itu Hybrid Working? Yuk ketahui Pengertiannya!


Itulah prediksi tren dalam media sosial di tahun 2023. Hal ini dapat Anda pelajari dan dijadikan peluang dalam mengambil selangkah lebih maju untuk meningkatkan kualitas media sosial Anda. Influencer marketing terus menjadi strategi tepat bagi brand yang ingin menjangkau audiens lama karena tingginya rasa percaya yang dimiliki. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan peluang tersebut.

2 thoughts on “5 Prediksi Tren dalam Media Sosial di Tahun 2023”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *