Tips and Recommendation

5 Tips untuk Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

Kalian ingin meningkatkan produktivitas? Gimana ya caranya meningkatkan produktivitas dalam tempat kerja? Produktivitas karyawan merupakan salah satu faktor dalam menunjang keberlangsungan bisnis. Dalam suatu perusahaan, karyawan merupakan sumber daya yang penting. Karyawan dikatakan produktif apabila mampu bekerja secara konsisten dan menghasilkan kinerja yang baik serta mengalami peningkatan. Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan produktivitas dalam kerja? Yuk baca selengkapnya disini!

Tips Agar Produktif di Tempat Kerja!

1. Mengembangkan Relasi yang Anda Punya

Image Source: Pexels.com

Selain bekerja, Anda juga dapat menyisihkan waktu untuk mengembangkan relasi di tempat kerja dan memberikan dampak yang besar. Sebaiknya Anda membangun relasi dan jaringan yang nantinya dapat membantu dalam mendapatkan proyek yang lebih baik sekaligus mendapatkan pembimbing. Membangun relasi ini cukup efektif untuk meningkatkan visibilitas. Walaupun Anda sudah memiliki tim atau atasan, Anda juga dapat mengembangkan relasi hingga ke departemen lain ataupun klien. Hal ini akan berguna suatu saat nanti dalam meraih goals yang ingin Anda capai!

2. Mengasah Keahlian Spesifik

Apa yang terpikirkan di kepala Anda ketika sedang mendapatkan pekerjaan? Selain mendapatkan gaji, tentunya juga mendapatkan pengalaman bukan? Nah untuk mendapatkan pengalaman yang menarik, Anda dapat mengasah keahlian secara spesifik. Anda dapat mengasah keahlian yang sesuai dengan bidang yang Anda tekuni. Keahlian spesifik ini disebut juga dengan expert power yang akan memungkinkan Anda mendapatkan proyek juga kesempatan yang lebih baik di masa depan. Namun, Anda juga dapat mengasah keahlian dalam bidang yang lain. Anda dapat belajar untuk mengembangkan keahlian khusus berdasarkan ketertarikan yang Anda suka. Suatu saat pasti keahlian tersebut akan berguna juga di lain waktu.

3. Mengikuti Seminar atau Kelas Wajib untuk Mewakili Tim

Image Source: Pexels.com

Saat kerja dalam tim, pasti ada waktunya dimana suatu tim mengirim perwakilan untuk menghadiri seminar ataupun kelas wajib di perusahaan. Nah Anda dapat menawarkan diri untuk menjadi volunteer dalam menghadiri sesi tersebut. Selain menghadiri, Anda juga dapat berpartisipasi secara aktif. Misalnya bertanya saat seminar sudah memasuki sesi membuka pertanyaan. Ataupun menawarkan diri sebagai presenter dalam presentasi progres antar departemen.

4. Sering Memberi Pendapat dalam Rapat

Berpartisipasi aktif dalam rapat merupakan salah satu kesempatan untuk menunjukkan diri dan meningkatkan produktivitas dalam lingkungan kerja. Jika Anda merasa tidak percaya diri maka cobalah untuk mempersiapkan pendapat terlebih dahulu sebelum rapat dimulai. Ingatlah untuk mempersiapkan apa yang ingin Anda sampaikan saat rapat dan sampaikan pendapat secara singkat dan jelas. Ataupun Anda dapat bertanya tentang hal yang tidak dimengerti maupun kurang sependapat dengan apa yang disampaikan oleh pembicara.

5. Membangun Hubungan Baik dengan Atasan

Membangun hubungan baik dengan atasan menjadi tips meningkatkan produktifitas di tempat kerja. Bukan hanya melihat mereka sebagai bos, Anda juga harus bisa berkomunikasi serta menyampaikan pendapat dengan baik ke mereka. Anda juga bisa memberikan saran dan ide untuk membantu meningkatkan perkembangan proyek yang sedang berjalan. Katakanlah pada atasan jika Anda sedang berusaha untuk lebih aktif dalam pekerjaan, maka mereka akan membantumu dengan senang hati.

Baca artikel lainnya tentang Tools Social Media Management yang Legit!


Itulah beberapa cara untuk membangun dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja. Banyaknya pekerjaan dalam suatu perusahaan terkadang membuat beberapa orang kesulitan untuk mengatur produktivitasnya. Anda dapat mencoba untuk menerapkan tips diatas dan meningkatkan kemampuan yang Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *