Apakah Anda sering mendengar tentang content pillar? Ataukah Anda tidak mengetahui tentang content pillar? Untuk kalian yang sedang mengembangkan akun media sosial maupun website, diperlukan perencanaan yang matang. Karena content pillar adalah hal yang harus dikuasai dan tidak boleh disepelekan. Yuk simak lebih lanjut tentang content pillar!
Content Pillar Adalah…
Pengertian Content Pillar
Content pillar merupakan payung topik yang dibuat sesuai dengan objektifnya. Pillar berupa topik yang dapat mempresentasikan nilai atau ciri khas dari suatu brand kepada audiens. Jika disederhanakan, content pillar dapat dipahami sebagai tema yang dapat digunakan untuk sebuah bisnis dalam membuat konten.

Tetapi content pillar tidak sebatas itu saja. Masih banyak yang bisa dikembangkan sesuai dengan kebutuhan brand dan karakter audiensnya. Yang paling penting dari content pillar adalah relevan, relate, sesuai dengan value sebuah brand, dan brand positioning.
Jenis-Jenis Content Pillar
- Emotional Content, Merupakan pillar yang akan menghasilkan konten yang bersifat emosional. Sehingga audiens akan merasa nyaman dengan konten yang Anda bagikan. Biasanya dilakukan hal yang interaktif yang dilakukan dengan audiens.
- Functional Content, Pillar ini menghasilkan sebuah konten yang membahas mengenai produk yang akan dijual, contohnya seperti konten promosi dan beberapa produk yang Anda jual.
- Educative Content, Merupakan pillar yang berisi insight atau informasi yang bermanfaat untuk audiens. Anda dapat menggunakan tema yang sesuai dengan industri bisnis yang Anda miliki.
- Agile Content, Pillar yang menghasilkan konten dengan isu terkini yang sedang trending. Anda dapat memilih beberapa konten yang sedang viral belakangan ini.
Manfaat Content Pillar
Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan adanya content pillar. Diantaranya adalah pembuatan konten lebih terencana, membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens, dapat mengoptimalkan SEO, berpotensi untuk meningkatkan konversi, dan identitas brand menjadi lebih kuat dan konsisten. Banyak sekali bukan manfaat dari content pillar? Lain kali coba gunakan content pillar sebelum membuat sebuah konten untuk keperluan bisnis Anda.
Contoh Pengembangannya
Misalnya contoh dari penerapan membuat content dalam sosial media untuk pengembangan bisnis coffee shop. Content pillar dapat diturunkan menjadi konten berikut:

- Meme atau reels seputar kopi dan lokasi cafe sebagai hiburan.
- Info seputar biji kopi, jenis-jenis kopi, pembuatan kopi, dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan untuk bagian dari konten edukasi.
- Foto produk, promosi atau testimoni pembeli untuk membantu penjualan.
Baca artikel lainnya tentang 5 Tips Cara Menemukan Ide, Dijamin Efektif!
Itulah beberapa pengertian dalam content pillar. Sebelum menyusun atau menerapkan content pillar di media sosial. Anda harus mengenali brand atau produk, memahami target pasar, dan media sosial yang akan Anda gunakan. Content pillar merupakan hal penting untuk membuat strategi sebuah konten, oleh sebab itu segera buat sekarang juga ya!