Content Marketing Education

Kursus Digital Marketing Bab 2: Softskill dan Hardskill

Pada artikel bab 2 kali ini mari kita membahas peran dan tanggung jawab seorang digital marketing serta keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh digital marketing. Yuk baca lebih lanjut!

Peran dan Tanggung Jawab Digital Marketing

  • Memberikan Arahan Website, Dari segi tampilan, desain, navigasi, copywriting dan landing page dapat menjadi alat marketing dan  mendatangkan banyak visitor atau menarik perhatian customer
  • Mengevaluasi Teknologi, Aplikasi dan trend IT yang sedang berkembang serta memberikan pemikiran dan perspektif untuk mengadopsi teknik pemasaran online yang tepat
  • Merencanakan dan Melaksanakan, Email marketing, social media campaign dan membuat konten yang menarik untuk iklan digital
  • Mengukur dan Melaporkan, Kinerja semua aktivitas pemasaran digital dan membandingkannya dengan target (ROI dan KPI)
  • Mengidentifikasi Tren dan Insights, Serta mengoptimalkan aktivitas channel pemasaran online berdasarkan data tersebut
  • Melakukan Brainstorming, Secara berkala untuk menyusun strategi baru terkait pemasaran online
  • Memiliki Target dan Evaluasi yang Terukur, Baik melalui channel iklan berbayar, seperti Iklan Facebook atau kampanye Google Ads

Keahlian Hardskill yang Harus Dimengerti oleh Digital Marketing

Image Source: Digital360
  • Memahami Ilmu Advertising, Media dan Komunikasi, Digital Marketing, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat dan Manajemen Bisnis
  • Memerlukan pengetahuan tentang metode pengoptimalan mesin telusur (SEO) dan ‘kunci’ atau ‘mencari’ kata-kata untuk mengarahkan lebih banyak pengguna ke situs media sosial.
  • Pengalaman desain grafis dan software editing digital, untuk membuat postingan media sosial lebih menarik dengan tambahan video, foto dan infografis.
  • Menguasai SEO atau SEM, mampu mengelola database, email, media sosial dan kampanye iklan online
  • Memiliki pengetahuan yang kuat pada analisis situs Web (misalnya, Google Analytics, NetInsight, Omniture, WebTrends)
  • Up-to-date dengan tren terbaru dalam bidang teknologi, pemasaran online, consumer behaviour dan pengukuran kinerja

Kemampuan Softskill yang Harus Dimiliki oleh Digital Marketing

Image Source: Digital360.id

Berpikir Kritis

Dengan menggunakan logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani.

Komunikasi

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif baik secara lisan maupun tulisan.

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Visioner

Memikirkan secara keseluruhan serta memiliki pandangan jangka panjang dalam mempromosikan suatu brand. Untuk mempelajari target konsumen, serta memahami pola pikirnya agar iklan yang dibuat tepat sasaran.

Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Dengan kemampuan tersebut dapat mengidentifikasi target dan merancang kampanye digital yang baik. Senang memerhatikan hal yang sedang trending dan mempelajarinya adalah salah satu kelebihan dari seorang digital marketing.

Baca artikel lainnya tentang Stop Lakukan Hal ini saat Menjalankan Digital Marketing!


Itulah beberapa pengertian tentang digital marketing. Anda dapat mengoptimalkan bisnis Anda dengan melakukan tindakan digital marketing. Simak pengertian digital marketing dalam bab selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *