Creative branding merupakan strategi yang dapat membangun persepsi brand yang positif dalam jangka panjang. Biasanya sebuah produk atau bisnis dengan branding yang kreatif dan unik akan berdampak pada peningkatan penjualan. Strategi creative branding adalah metode yang berfokus memamerkan produk dari brand ataupun bisnis. Lalu apa itu creative branding dan bagaimana cara penerapannya? Yuk baca lebih lanjut disini!
Apa itu Creative Branding?
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, creative branding adalah metode yang berfokus untuk memamerkan produk dari brand ataupun suatu bisnis. Dengan menggunakan creative branding, akan membuat suatu brand lebih menonjol dan berbeda dibandingkan dengan produk kompetitor atau sejenisnya. Melalui strategi creative branding ini, suatu brand akan terlihat lebih positif, memberikan impresi yang baik, serta dapat membantu brand dikenal dan mendapatkan konsumen potensial.
Tips Membangun Creative Branding
Berpikir Kreatif dan Out of The Box
Membuat strategi creative branding mengharuskan untuk berpikir lebih kreatif dan out of the box. Mulai dari mengikuti tren atau topik yang populer, lalu dimodifikasi dengan nilai-nilai yang terkandung dalam brand. Tentunya hal ini dilakukan agar berbeda dengan kompetitor. Perbanyak pula riset dan brainstorming ide creative branding agar menemukan strategi yang tepat.
Membuat Branding yang Unik
Cara untuk menarik audiens adalah membuat branding yang unik. Mulai dari logo, nama brand, konten media sosial, hingga menggunakan elemen visual yang unik dan menarik. Gunakan ide-ide yang menarik untuk membangun branding yang mudah diingat dan menarik minat audiens.
Tidak Ketinggalan Tren
Buatlah riset serta perbandingan yang baik sesuai dengan industri brand kalian. Lihatlah bagaimana konsumen merespon suatu campaign yang dilakukan. Hal ini perlu untuk merencanakan strategi creative branding. Oleh karena itu, kalian tidak boleh ketinggalan tren terkini dari industri yang sama.
Mengetes Ide Melalui Riset Pasar
Siapa yang membangun suatu brand tapi belum punya target pasar? Riset pasar merupakan suatu elemen penting dalam branding. Untuk menghindari campaign yang terus menerus gagal, ada baiknya untuk mengetes ide melalui pasar. Kalian dapat menanyakannya melalui followers media sosial maupun diskusi internal untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik melalui proses branding.
Baca artikel lainnya tentang 5 Tips Menabung dan Menghemat Uang yang Efektif
Itulah pengertian creative branding dan cara penerapannya. Semoga informasi tersebut membantu ya! Jika kalian membutuhkan bantuan untuk meningkatkan jangkauan bisnis, Digital360 siap membantu untuk melayani Anda! Kami dapat membangun digital branding dalam bisnis Anda serta mensupport dalam kenaikan trafik digital dan awareness dalam bisnis Anda. Tertarik? Coba kunjungi website kami yuk!
One thought on “Apa itu Creative Branding dan Bagaimana Penerapannya?”