Content Marketing

Apa itu Iklan? Yuk Kenali Lebih dalam Disini!

Untuk Anda yang baik memiliki bisnis atau tidak, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “iklan”. Ya, iklan saat ini memang dijadikan strategi marketing paling ampuh dalam mengenalkan produk ataupun meningkatkan penjualan. Tanpa mengetahui pengertian dan tujuan suatu iklan, maka brand hanya melakukan usaha yang sia-sia. Bahkan bisa saja menghabiskan biaya tanpa hasil apapun. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui pengertian, tujuan, dan strategi iklan lebih dalam lagi agar dapat mengalokasikan dana atau jenis konten yang spesifik. Yuk ketahui lebih dalam disini!

Apa itu Iklan?

Iklan merupakan bentuk komunikasi yang memiliki pesan dan maksud untuk memperkenalkan suatu produk kepada audiens dengan platform media tertentu. Tentunya iklan menjadi peranan penting dalam proses pemasaran. Iklan memang dibuat untuk menarik perhatian. Selain itu iklan digunakan agar seorang audiens tertarik untuk membeli suatu produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, biasanya masyarakat bisa mengetahui tentang sebuah produk yang spesifik hanya dari sebuah iklan atau alat pemasaran. Dengan begitu, keuntungan dari sebuah penjualan akan lebih meningkat karena telah menarik perhatian audiens.

Apa Saja Tujuan Beriklan?

Meningkatkan Brand Awareness

Image Source: Pinterest.com

Dengan beriklan di beberapa platform, audiens dan calon konsumen jadi lebih mengetahui tentang iklan dan produk yang dijual. Biasanya iklan jenis ini akan dimasuki pengetahuan produk yang mudah dicerna dan membuat target market jadi tertarik. Kesadaran merek menjadikan tujuan iklan yang wajib dipertimbangkan.

Menarik Perhatian Audiens

Image Source: Pinterest.com

Tujuan selanjutnya dari membuat iklan adalah untuk menarik perhatian banyak orang. Itulah mengapa iklan dibuat menarik dan sekreatif mungkin agar calon konsumen merasa tertarik saat membaca atau melihatnya. Akhirnya mereka akan penasaran dan ingin mencoba. Iklan dengan tujuan yang seperti itu harus memiliki elemen persuasi yang tinggi.

Memberikan Rasa Urgensi

Sebenarnya iklan wajib dibuat untuk memberikan rasa urgensi. Misalnya menjual barang terbatas atau hanya dalam periode tertentu. Target audiens yang telah Anda tetapkan akan tertarik dan merasa FOMO atau Fear of Missing Out yang merupakan rasa takut untuk “tertinggal” karena tidak mengikuti trend yang sedang berlangsung dan tertarik untuk membeli produk Anda.

Meningkatkan Penjualan

Image Source: Pinterest.com

Tak bisa dipungkiri, tujuan dari beriklan memang untuk mendapatkan keuntungan. Marketing memiliki peranan besar dalam meningkatkan revenue atau menaikkan profit asalkan bisa melakukan targeting konsumen dengan baik.

Mendapatkan Konsumen Baru

Mungkin dalam sebuah bisnis, kehilangan konsumen adalah hal yang biasa terjadi. Itulah mengapa tujuan iklan dibuat agar Anda menemukan konsumen baru untuk mengganti kehilangan konsumen tersebut. Iklan dapat dipakai untuk mendapatkan target market yang baru, karena mengembalikan konsumen lama yang sudah beralih lebih sulit dibandingkan mendapat konsumen baru.

Macam-Macam Strategi Iklan

  • Content Advertising
  • Pull Advertising
  • Push Advertising
  • Ownership Advertising

Baca artikel lainnya tentang 5 Langkah Membangun Kekayaan Sejak Usia 20an!


Itulah beberapa pengertian penting tentang iklan yang perlu Anda ketahui untuk memberikan profit dalam bisnis Anda. Pastikan iklan yang dibuat sesuai dengan target sasaran dalam bisnis Anda, berisi informasi yang menarik, dan menggunakan ide yang sedang trend ataupun booming.

One thought on “Apa itu Iklan? Yuk Kenali Lebih dalam Disini!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *