Education

Apa itu Social Media Specialist? Perusahaan Wajib Punya Nih!

Siapa disini yang tidak mengenal profesi social media specialist? Tentunya social media specialist ini sudah nggak terlalu asing di telinga kalian. Munculnya profesi ini beriringan dengan perkembangan teknologi digital dan media sosial yang semakin pesat. Jumlah pengguna media sosial yang terus bertambah menjadi sarana yang ampuh dalam mendukung aktivitas jual beli dan promosi. Namun jangan anggap enteng profesi tersebut ya, pasalnya social media specialist ini merupakan pekerjaan yang cukup kompleks. Lalu apakah Anda tertarik untuk merekrut karyawan social media specialist dan membuat usahamu mendapatkan engagement? Yuk baca lebih lanjut disini!

Social Media Specialist Adalah…

Image Source: Pexels.com

Sebuah posisi yang bertanggung jawab untuk menjadi penanggung jawab dan kendali untuk mengurus jejaring sosial milik perusahaan. Mereka melakukan ini dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness, memperkuat usaha marketing, dan juga mendorong angka penjualan. Oleh karena itu setiap pekerjaan dan konten yang dibuat harus direncanakan secara matang dan strategis. Tidak hanya sekedar mengupload foto dan menambahkan caption didalamnya. Dalam prakteknya social media specialist akan berkoordinasi dengan tim digital marketing untuk menentukan strategi media sosial yang tepat. Mereka akan melakukan evaluasi terlebih dahulu apakah konten layak tayang atau tidak, serta memberikan masukan dari hasil yang sudah dikerjakan.

Alasan Perusahaan Memerlukan Social Media Specialist

Image Source: Pexels.com

Menjangkau Konsumen Sebanyak-banyaknya

Jika pada jaman dahulu cara untuk mempromosikan produk atau jasa bisa dilakukan dengan iklan di televisi ataupun iklan di banner ataupun menawarkan secara langsung, berbeda dengan jaman sekarang. Iklan ataupun produk atau jasa bisa ditawarkan melalui social media, yang pada dasarnya platform tersebut tidak dipisahkan oleh jarak dan waktu. Siapa saja bisa membuka dan menggunakan social media. Hilangnya jarak tersebut dapat kalian manfaatkan untuk menjangkau konsumen sebanyak-banyaknya. Apalagi pengguna internet makin lama jumlahnya makin bertambah. Di Indonesia tercatat 217 juta orang lebih merupakan pengguna internet, angka tersebut merupakan urutan nomor empat pengguna internet terbanyak di dunia. Nah sayang sekali bukan bila perusahaan tidak memanfaatkan platform media sosial untuk memperkenalkan produk mereka.

Sosial Media Merupakan Platform yang Legit untuk Dimainkan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa penggunaan internet di Indonesia merupakan peringkat keempat. Secara tidak langsung maka penggunaan sosial media juga makin banyak. Apalagi dipermudah dengan fitur-fitur tertentu, contohnya Instagram bisnis ataupun TikTok bisnis. Tentunya fitur tersebut akan mempermudah suatu perusahaan dalam memainkan sosial media dan memperkenalkan suatu produk atau jasa.

Memudahkan Proses Reporting dan Tracking Campaign

Memiliki social media specialist dapat membantu perusahaan dalam memantau campaign di media sosial secara teratur. Hal itu juga termasuk campaign iklan yang dipasang melalui berbagai platform sosial media. Dengan adanya orang yang secara khusus memperdalam dan melacak performa iklan, perusahaan akan mendapat laporan rutin tentang strategi iklan mana yang memiliki kinerja baik. Dengan begitu strategi dapat disesuaikan dengan budget dan keinginan kalian untuk pengoptimalan penjualan produk atau jasa.

Menambah Kedekatan dengan Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan diawal jika sosial media tidak terhalang oleh jarak dan waktu. Hal ini akan membantu kalian untuk menjalin kedekatan dengan konsumen ataupun calon konsumen. Kalian bisa membuat target market yang tepat untuk produk atau jasa yang kalian jual. Setiap platform media sosial memiliki algoritma masing-masing dan sering berubah untuk meningkatkan user experience. Nah disinilah pentingnya social media specialist untuk selalu up-to-date dengan perubahan algoritma agar dapat terekspos dengan baik. Dengan selalu up-to-date maka akan menaikkan engagement dan menambah kedekatan dengan konsumen maupun calon konsumen.

Baca artikel lainnya tentang Apa itu Persuasive Advertising? Yuk Ketahui Pengertiannya!


Itulah penjelasan tentang social media specialist. Peranan social media specialist sangat penting dalam meningkatkan brand awareness. Tentunya penting bagi perusahaan untuk memiliki expert yang bisa menangani akun media sosial mereka. Jika kalian ingin menaikkan engagement dan memperluas jangkauan konsumen, silahkan memakai jasa Digital360 dalam social media management. Yuk kunjungi website kami dan portofolionya!

One thought on “Apa itu Social Media Specialist? Perusahaan Wajib Punya Nih!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *