Apakah Anda mengerti tentang brand manifesto? Pernahkan Anda berpikir atau membuat pertanyaan sederhana tentang apa yang brand Anda mau perjuangkan serta hal yang ingin dicapai? Bagaimana orang-orang dapat mengerti brand yang Anda bangun serta dapat berinteraksi sehingga menjadi inspirasi bagi konsumen? Mungkin brand manifesto sangat awam dimata umum, tetapi selagi memberikan dampak yang positif bagi bisnis maka hal tersebut pantas untuk dilakukan. Mari kita bahas tentang brand manifesto lebih dalam disini!
Apa itu Brand Manifesto?

Brand manifesto adalah pernyataan tertulis yang secara terbuka menyatakan pandangan, motif, dan niat bisnis Anda. Jika diterjemahkan, manifesto artinya pernyataan terbuka tentang tujuan dan pandangan seseorang. Oleh sebab itu, brand manifesto menjelaskan mengapa perusahaan Anda hadir, tujuannya, dan mengapa orang-orang harus peduli dengan brand yang Anda bangun. Semacam kisah atau cerita yang emosional untuk menarik perhatian target audiens agar terhubung secara emosional dengan brand Anda. Ini menggambarkan apa yang brand Anda perjuangkan, kejadian setiap harinya yang ada di kantor Anda, dan apa yang ingin brand Anda capai. Jelaskan kemana arah yang diperjuangkan oleh perusahaan dan brand Anda kepada audiens.
Mengapa Brand Manifesto Penting?
“Bermanifestasi” berarti membuat jelas dan membuatnya terlihat atau mudah dilihat. Tanyakan pada diri Anda sendiri mengapa perusahaan Anda perlu membuat pernyataan yang terikat dengan audiens untuk membangun branding dalam bisnis Anda. Apa motivasinya dan mengapa berniat untuk membuat brand bisnis Anda terlihat?
Peran Brand Manifesto?
Brand manifesto mengarahkan perusahaan dan brand Anda ke arah visi dan misi yang diharapkan. Sehingga berperan agar memberi inspirasi, bersifat kreatif, memotivasi dan menjadi daya tarik terhadap audiens. Menanamkan, membentuk ikatan, serta hubungan emosional dengan banyak orang. Jika menjelaskan tentang nilai-nilai yang brand Anda perjuangkan dan kemana arah brand Anda berdiri maka akan membuat keterbukaan dan ikatan pada audiens.
Apa Saja yang Menjadi Komponen Brand Manifesto?
Ada tiga bagian sentral atau pilarnya dalam brand manifesto, yaitu visi, misi, dan nilai-nilai yang ingin brand Anda tunjukkan.
Vision Statement
Pernyataan visi yang merupakan tujuan aspiratif, apa yang ada dalam pikiran Anda, apa yang ingin Anda capai melalui brand yang Anda miliki. Cara yang menggambarkan tujuan brand Anda yang besar kepada audiens. Seperti apa alasan utama dari terbentuknya brand yang sedang Anda bangun. Apakah sebagai hiburan di mata masyarakat, atau untuk mempermudah masyarakat, dan lain sebagainya.
Mission Statement
Pernyataan misi mendefinisikan apa tujuan bisnis Anda bagi karyawan dan customer Anda. Menyampaikan nilai-nilai brand yang merupakan misi yang dijalankan oleh semua orang yang terkait dengan brand Anda. Serangkaian hal yang dilakukan untuk mencapai sebuah visi yang sudah Anda utarakan. Seperti hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mencapai sebuah visi dari brand yang Anda bangun. Misalnya, Anda ingin membuat suatu brand yang dapat mempermudah masyarakat, maka yang dilakukan adalah membuat produk yang memudahkan masyarakat, trial dan errornya, dan lain sebagainya.
Core Values
Terakhir adalah nilai dari brand Anda. Ini adalah “yang tidak dapat dinegosiasikan” alias paten dan prinsip. Ini akan menjadi pendorong dari inti yang Anda yakini, aturan yang mengatur tentang bagaimana Anda menjalankan suatu bisnis. Nilai-nilai dari brand Anda menunjukkan integritas saat bersaing dengan kompetitor dan membedakan brand Anda dengan brand lain. Buatlah nilai-nilai yang memandu bisnis Anda dalam membuat keputusan yang baik dan akan menguntungkan kedua belah pihak, baik konsumen dan perusahaan.
Baca artikel lainnya tentang 5 Tips Meningkatkan Konversi di Digital Marketing
Itulah beberapa pengertian tentang brand manifesto. Mulailah untuk menggunakan hal tersebut sebagai pilar dalam membangun sebuah bisnis. Ciptakan perubahan dengan dimulai dari bergerak menuju visi, misi, dan nilai-nilai dalam brand yang Anda miliki.