Education Social Media Marketing

Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya

Digital Branding adalah strategi yang penting dalam meningkatkan brand awareness. Dengan membangun strategi yang kuat, maka dapat membangun suatu brand yang konsisten dan mudah diingat oleh masyarakat. Tentunya hal tersebut dapat menarik perhatian lebih dalam menjangkau konsumen. Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? Apa itu digital branding? Yuk kita bahas disini!

Apa itu Digital Branding?

Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya
Image Source: Pexels.com

Digital branding adalah proses membangun dan menyelimuti brand yang Anda miliki secara online, contohnya seperti menggunakan website, aplikasi, sosial media, dan lain sebagainya. Dalam kegiatan ini biasanya terdapat konten yang konsisten di beberapa platform digital. Melalui digital branding, Anda akan lebih mudah dalam menjangkau audiens lebih banyak dalam dunia digital. Selain itu, digital branding sangat membantu dalam hal membangun koneksi dengan konsumen.

Elemen dan Peranan Penting dalam Digital Branding

Untuk dapat mengimplementasikan digital branding, Anda harus mengetahui terlebih dahulu elemen dan peranan penting dalam digital branding. Elemen ini merupakan peranan penting dalam membuat strategi branding yang baik.

1. Logo

Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya
Image Source: Pexels.com

Logo adalah simbol yang dapat digunakan brand Anda untuk mempresentasikan diri, produk atau layanan dari sebuah brand. Elemen ini bisa dibilang penting karena logo merupakan identitas visual dari suatu merek. Dengan adanya logo maka akan meningkatkan awareness dan logo akan mudah diingat dan dikenal oleh banyak orang. Oleh karena itu, logo sangat penting dalam mencerminkan suatu kepribadian dalam suatu brand.

2. Sosial Media

Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya
Image Source: Pexels.com

Siapa yang tidak memiliki media sosial? Hampir semua orang punya bukan? Nah Anda dapat memanfaatkan kondisi ini untuk melakukan digital branding yang menarik agar dapat menarik lebih banyak pelanggan. Karena sebagian besar sisi kehidupan manusia saat ini hampir semuanya sudah terisi oleh sosial media. Bahkan, terkadang seseorang mencari sebuah produk melalui sosial media bukan melalui platform google. Mulailah untuk mengupload dan membangun branding bisnis Anda melalui sosial media.

3. Website

Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya
Image Source: Digital360.id

Hampir sama pentingnya dengan sosial media. Website mendukung bisnis Anda sebagai platform digital yang berguna sebagai etalase produk Anda. Saat konsumen ingin mengetahui tentang informasi lebih tentang produk yang Anda jual maka mereka dapat membuka website Anda. Dalam website Anda dapat memberikan informasi umum seperti jam kerja, menawarkan produk atau jasa apa saja, berapa harganya, dan lain sebagainya.

Ingin membuat website yang menarik? Serahkan di Digital360 aja!

4. SEO

Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya
Image Source: Pexels.com

Search Engine Optimization atau SEO dapat memaksimalkan visibilitas brand Anda di internet melalui pencarian search engine. SEO yang efektif dapat mendorong audiens untuk mengunjungi website atau suatu platform dimana Anda menawarkan sebuah produk atau jasa. Tentunya hal ini dapat mengembangkan audiens brand digital secara organik.

5. Brand Messaging

Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya
Image Source: Pinterest.com

Brand messaging merupakan pesan yang ingin bisnis Anda sampaikan pada calon pelanggan. Pesan yang dipublikasikan harus dapat merefleksikan apa yang brand Anda lakukan, fasilitas yang ditawarkan, serta memberikan informasi ke konsumen bahwa Anda siap untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Strategi Digital Marketing yang Dapat Diterapkan

Sebenarnya strategi yang dapat Anda terapkan adalah dengan menerapkan kelima elemen digital branding dengan tepat dan benar. Disini Digital360 akan memberikan contoh agar usaha dan bisnismu makin lancar dengan menggunakan strategi digital brand berikut ini:

  1. Memiliki logo yang jelas, memiliki pesan, dan gampang diingat. Pertimbangkan untuk memilih warna dan gaya yang dapat diaplikasikan di website, konten yang dibuat, hingga dalam materi marketing.
  2. Membangun Website yang simpel, menarik, dan mudah diarahkan, serta menjaga konsistensi desain menggunakan warna yang sesuai dengan logo brand. Buatlah halaman website yang singkat dan to the point.
  3. Meningkatkan SEO. Cobalah untuk melakukan keyword research dan membuat konten yang relevan dengan topik dari suatu brand yang Anda buat.
  4. Buatlah Brand Messaging. Carilah nilai keunikan dalam brand Anda. Seperti apa yang brand Anda tawarkan? Kenapa brand tersebut penting untuk masyarakat ketahui? Ataupun mengapa masyarakat harus membeli atau memakai produk atau jasa yang Anda tawarkan?
  5. Konsisten dalam mengupload Sosial Media. Ketika membuat media sosial, pastikan untuk membuat jadwal yang spesifik untuk mengupload sebuah postingan, berikanlah interaksi dalam kolom komentar, serta membalas pesan dari konsumen.

Tertarik untuk menggunakan strategi pemasaran bisnis? Baca artikel lainnya tentang Mengenal Strategi Upselling dan Cross Selling dalam bisnis

Kesimpulan

Digital branding adalah proses membangun dan menyelimuti brand yang Anda miliki secara online. Intinya adalah konsisten dan mengetahui kelebihan serta kekurangan dari suatu produk atau layanan yang Anda tawarkan. Buatlah logo, website, ciptakan brand messaging, memakai SEO, dan konsisten dalam mengupload sosial media.


Itulah pengertian, elemen penting, dan contoh strategi yang bisa Anda terapkan dalam membangun bisnis Anda. Jangan lupa, jika Anda membutuhkan bantuan, Digital360 siap membantu untuk melayani Anda! Kami dapat membangun digital branding dalam bisnis Anda serta mensupport dalam kenaikan trafik digital dan awareness dalam bisnis Anda. Tertarik? Coba kunjungi website kami yuk!

One thought on “Digital Branding: Pengertian, Elemen, dan Strateginya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *