Tentu banyak cara yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan bisnis agar mencapai target yang diinginkan, salah satunya dengan menggunakan produk Google. Selama ini mungkin yang kita tahu hanya seputar Google Search, Google Maps, dan Google Translate. Tetapi ternyata, masih banyak produk Google yang dapat kita gunakan untuk memaksimalkan pemasaran bisnis.
Ajaibnya, produk yang disediakan oleh Google GRATIS! Tentunya inovasi ini sangat membantu kita dalam pengembangan bisnis.
Penasaran apa saja? Yuk simak artikel berikut ini!
5 Produk Gratis dari Google untuk Bisnis Kamu
#1 Google Analytics
Produk pertama dari Google ini berfungsi untuk membantu dalam memahami pelanggan lebih dalam. Menganalisa pelanggan dengan mengetahui asal, usia, dan apa saja yang dilakukan pelanggan ketika mengakses website atau toko online. Selain itu, Google Analytics dapat mengetahui konten-konten yang sedang populer dan membantu menentukan keyword apa saja yang banyak diakses atau dicari oleh para pengguna internet di website maupun toko online. Data analisis dari Google Analytics bisa dimanfaatkan untuk membuat perencanaan dan pengembangan konten serta sebagai evaluasi website yang lebih sesuai dengan interest pelanggan.
#2 Google Ads
Memasang iklan digital sekarang jauh lebih mudah, murah dan efektif ketimbang menggunakan iklan konveksional. Google ads membantu untuk memaksimalkan iklan online dan menampilkan kepada targeted customer yang artinya orang yang tepat sesuai target mulai dari tempat, waktu, hingga interest pelanggan. Pengguna Google di seluruh dunia mencapai hampir 4 miliar pengguna yang artinya penggunaan google ads menjadi peluang emas untuk mengiklankan bisnis Anda. Selain membantu mentargetkan customer, produk Google ini bisa mengontrol biaya, mengelola kampanye, hingga mengukur keberhasilan iklan yang dipasang seperti jumlah klik website, pembelian produk, atau pemesanan melalui telepon.
#3 Google My Business
Dilansir dari HubSpot, Google My Business merupakan produk Google yang membantu bisnis agar tampil di Google Search dan Google Map sehingga dapat memudahkan customer dalam pencarian bisnis kamu. Pelanggan akan terbantu dalam mencari informasi seputar hari dan jam operasional, lokasi, nama dan foto tempat, review pelanggan lain, email, hingga nomor telepon atau customer service.
Mengutip dari forbes.com, sebanyak 82% pengguna smartphone melakukan riset online sebelum melakukan pembelian. Google My Business dapat membantu konsumen untuk melakukan riset produk sebelum membeli.
Baca Artikel Digital360 Disini
#4 Google Shopping
Produk keempat dari Google ini membantu bisnis untuk menemukan produk Anda di hasil pencarian Google disertai dengan gambar, harga produk, lengkap juga dengan link pembelian. Dari Google Shopping, pelanggan dapat langsung diarahkan menuju landing page untuk menelusuri produk yang akan dibeli atau produk pilihan lainnya. Hanya dengan satu klik, pelanggan sudah dapat membeli kebutuhannya.
Dilansir dari marketingcharts.com, beriklan di Google Shopping dapat meningkatkan kunjungan website sebesar 30% di desktop dan 21% di perangkat mobile. Untuk menggunakan Google Shopping, Anda harus mendaftar Google Merchant terlebih dahulu.
#5 YouTube
YouTube menjadi produk Google yang paling banyak pengguna dan peminatnya. Dikutip dari Hootsuite, ada sekitar 2 miliar pengguna yang log in ke YouTube setiap bulannya dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Ada banyak cara untuk menggunakan YouTube, salah satunya dengan pemasangan iklan di Youtube Ads. Selain itu, rajin mengupload video dengan konten-konten yang relate dengan pelanggan akan menambah subscriber dan membuat akun YouTube dan bisnis Anda semakin terkenal.