Apakah kalian ingin menaikkan engagement dalam instagram? Kira-kira bagaimana ya caranya menaikkan engagement dalam platform sosial media instagram? Pasti suka kesel bukan ketika sudah membuat konten yang menarik, namun malah engagement rate menurun. Wah jangan dibiarkan begitu saja ya. Engagement rate instagram merupakan hal yang sering dijadikan patokan kesuksesan media sosial marketing. Melalui instagram bisa saja bisnis yang kalian jalankan dapat dikenal secara luas oleh banyak orang. Hal ini akan menarik minat masyarakat untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang dijual. Ingin mengetahui tentang tip untuk menaikkan engagement rate instagram? Yuk baca lebih lanjut disini!
Apa itu Engagement Instagram?
Engagement instagram merupakan patokan untuk mengetahui serta mengukur seberapa besar pengguna instagram yang melihat dan bereaksi dengan konten yang diunggah. Nah untuk mengetahui apakah engagement instagram dapat berhasil atau tidak, bisa dilihat melalui sejumlah angka like, share, saved, view, dan jumlah coment. Engagement instagram akan mengalami kenaikan bila setiap konten yang diunggah mendapatkan reaksi dari banyak orang. Nah jika suda masuk ke dalam algoritma instagram. Orang-orang akan semakin mudah untuk mencari suatu produk atau jasa yang kalian tawarkan jika sudah masuk dalam algoritma instagram.
Tips Mudah Menaikkan Engagement Instagram
Buatlah Konten yang Menarik
Nah mengunggah konten instagram tidak bisa asal-asalan. Kalian harus paham apa yang sedang trend saat ini, jika kalian dapat mengikuti perkembangan tren dan arus tren maka akun instagram kalian makin dikenal luas dan akhirnya menaikkan engagement. Buatlah konten yang menarik dan tidak membosankan. Kalian bisa mengambil sebuah topik atau kategori tertentu, misalnya komedi. Ataupun kalian bisa membuat konten yang aesthetic. Karena banyak anak muda yang senang dengan konten yang berbau aesthetic. Hal ini agar audiens tetap tertarik melihat konten yang diunggah. Yang paling penting, buatlah konten yang memiliki ciri khas sesuai brand. Selain bisa menarik audiens, konten yang memiliki ciri khas akan mudah diingat. Nah hal ini menjadi keuntungan tersendiri untuk branding bisnis kalian.
Rajin Posting
Dalam menarik suatu engagement, kalian bisa memulai dari rajin memposting sebuah konten. Mengunggah konten tidak bisa asal-asalan. Kalau bisa kalian dapat membuat postingan yang konsisten. Misalnya jika kalian tidak bisa mengunggah setiap hari, maka kalian bisa menjadwalkannya tiga kali sehari atau empat kali sehari. Postingan terbaru dari sebuah akun akan mempengaruhi algoritma instagram. Namun jangan terlalu sering membuat postingan karena dapat dianggap spam oleh followers. Kuncinya adalah konsisten dan teratur. Kalian dapat menyusun jadwal yang tepat agar followers masih bisa menikmati postingan kalian saat online.
Memahami Audiens dan Mengamati Insight
Selain menentukan target market, kalian juga perlu untuk memahami audiens atau followers dari akun instagram yang kalian pegang. Kalian dapat memanfaatkan fitur insights, yaitu analytic tools bawaan instagram yang memperlihatkan demografi followers sekaligus performa sebuah konten. Dengan menggunakan insight kalian bisa memahami dan mengetahui, misalnya di jam berapa followers aktif bermain instagram. Selain itu, kalian juga bisa mengevaluasi konten mana dengan engagement yang bagus. Sehingga kalian dapat memaksimalkan ide yang lebih baik.
Mengoptimalkan Penggunaan Instastory dan reels
Instastory atau snapgram bisa kalian manfaatkan untuk menaikkan engagement. Biasanya audiens lebih tertarik untuk melihat instastory daripada melihat postingan yang berupa “gambar” saja. Nah kebanyakan audiens memang suka untuk melihat postingan yang berupa video. Jika kalian tidak menggunakan reels untuk memposting suatu video, kalian bisa untuk memposting video melalui instastory. Biasanya selain rajin memposting konten, audiens biasanya menilai keaktifan sebuah akun dari seberapa sering akun tersebut mengunggah instastory. Agar lebih interaktif, kalian bisa menjawab dan merespon jawaban yang kalian terima dan mengunggahnya kembali di instastory. Dengan menggunakan cara tersebut, secara tidak langsung kalian telah mengajak audiens untuk berdiskusi.
Memakai Hashtag yang Relevan
Salah satu alasan engagement turun yaitu penggunaan hashtag yang sembarangan. Selain memilih hashtag yang sedang populer di instagram, kalian bisa memperhatikan relevansinya dengan postingan yang kalian unggah. Penggunaan hashtag diyakini dapat meningkatkan engagement rate. Semakin populer dan relevan hashtag yang akan kalian gunakan, semakin tinggi pula kesempatan konten yang kalian buat dilihat oleh banyak orang. Pilihlah postingan dengan hashtag yang dilihat atau dibicarakan oleh banyak orang. Namun kalian juga harus melihat relevansi sesuai dengan postingan yang kalian unggah.
Baca artikel lainnya tentang Yuk Ketahui Jingle Iklan dan Manfaatnya Bagi Suatu Brand!
Itulah tips yang bisa kalian terapkan untuk menaikkan engagement akun instagram kalian. Jangan lupa untuk mengunggah postingan di waktu yang pas untuk mengetahui jam berapa para audiens aktif membuka dan melihat konten yang kalian unggah. Silahkan untuk memanfaatkan fitur insight agar dapat disesuaikan dengan target engagement instagram. Hal tersebut bisa membantu kalian dalam mengembangkan bisnis dan berusaha memperkenalkan dengan lebih luas melalui instagram.