Apakah Anda tahu apa yang dinamakan brand marketing? Ataukah Anda sama sekali tidak mengetahui tentang brand marketing? Wah padahal brand marketing adalah salah satu peranan penting dalam meningkatkan awareness konsumenmu loh! Karena selain kualitas produk, hal yang mendorong ketertarikan seseorang terhadap suatu brand adalah cerita dibaliknya. Masyarakat cenderung suka jika mendengarkan kisah seseorang dan lebih menarik perhatian. Lalu bagaimana caranya mengaplikasikan brand marketing? Simak lebih lanjut yuk!
Apa Itu Brand Marketing?
Brand marketing adalah sebuah proses membangun relasi antara brand dengan konsumennya. Hal ini juga merupakan teknik untuk menarik pelanggan dengan sebanyak mungkin dengan memperkenalkan merek suatu produk tertentu. Pemasaran yang dimaksud dapat dilakukan melalui media sosial, media cetak, dan lain sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut, bukan hanya perlu mempromosikan kelebihan produk atau jasa, namun juga tentang brand secara keseluruhan. Jadi konsumen tidak hanya mengetahui tentang merek produk yang Anda jual, namun juga mengerti tentang brand yang Anda bangun misalnya identitas atau karakteristik dari brand yang dibangun dan dirumuskan sebelumnya.
Tips Penerapan Brand Marketing dalam Bisnis
Memahami Brand yang Anda Bangun
Sebelum untuk melangkah ke tahap selanjutnya, Anda harusnya mengetahui tentang purpose atau alasan dari diciptakannya brand Anda Ini merupakan langkah awal sebelum Anda menciptakan brand persona. Mulai dari logo,typography, hingga collor pallate, semuanya harus dipresentasikan melalui brand purpose tersebut. Karena yang mengetahui arti dari brand Anda kan Anda sendiri. Jadi Anda harus mengetahui target audiens, mengapa mereka harus mempercayai bran Anda, perasaan apa yang ingin konsumen harapkan terhadap brand Anda, kompetitor, dan lain sebagainya itu harus Anda tau dan pahami untuk mempermudah jalannya bisnis Anda.
Memilih Alat Media Sosial dalam Pemasaran Secara Tepat
Untuk memberikan dampak efektif dalam melakukan proses marketing, sebagai marketer harus piawai dalam memilih alat yang paling tepat untuk proses marketing. Nah pemilihan alat ini harus didasari oleh kebutuhan dan jenis produk yang akan dipasarkan. Oleh karena itu kalian juga harus mengetahui apakah produk yang Anda jual sudah sesuai dengan konsumen yang Anda targetkan. Semisal, target market Anda adalah anak-anak muda. Maka pakailah media sosial yang sering digunakan untuk anak muda dan kontennya juga berupa hal yang menarik perhatian anak muda. Contoh media sosial yang sering dipakai anak muda adalah Instagram, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya.
Riset Target Market
Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa harus mengetahui target market dari suatu produk. Maka Anda harus memahami target market Anda. Buatlah sebuah buyer persona yang dapat menggambarkan konsumen ideal bagi produk Anda. Dengan begitu Anda bisa membuat personalisasi agar strategi marketing dapat berjalan dan tetap sasaran. Anda bisa membuat sebuah survey kecil untuk mengetahui usia, pekerjaan, apa yang mereka sukai, apa yang mereka minati dan tidak, apa yang mereka butuhkan dari sebuah produk atau jasa.
Membuat dan Membagikan Cerita dari Brand yang Anda Bangun
Karena brand marketing adalah upaya yang digunakan dalam membangun koneksi dengan konsumen, maka Anda harus membagikan cerita tentang brand Anda. Buatlah mereka merasa terhubung secara emosional dengan brand. Cerita tersebut tidak harus melibatkan sesuatu yang berat. Anda bisa mengemasnya secara sederhana, seperti misalnya jika Anda berjualan kue, ada beberapa konsumen yang menginginkan bentuk kue yang berbeda, dan lain sebagainya. Kalian bisa mengemasnya dengan rentang waktu yang tidak terlalu panjang, jika terlalu panjang dan cerita yang Anda bagikan tidak terlalu menarik maka audiens akan bosan.
Membangun Kerja Sama dengan Berbagai Pihak
Untuk memaksimalkan beberapa tips diatas kalian dapat mengkombinasikannya dengan jalan lain. Anda juga membutuhkan satu skill tambahan yaitu public relationship. Karena selain menciptakan relasi yang baik dengan para customer, seorang marketer juga harus memiliki kemampuan kerjasama dengan pihak lain yang berpeluang menjadi partner dalam bisnis Anda. Disini Anda juga dapat memakai influencer sebagai jalan ninja konsumen tertarik dengan produk yang Anda jual. Dengan memaksimalkan berbagai strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan melalui strategi brand marketing tersebut, tentunya proses marketing yang dijalankan akan lebih potensial. Meskipun setiap produk memiliki metodenya masing-masing, setidaknya strategi tersebut paling umum yang bisa diterapkan ke dalam semua jenis produk yang dipasarkan.
Baca artikel selanjutnya disini Jangan Keseringan Kasih Diskon! Ini Akibat Buruknya!
Itulah beberapa pengertian dalam brand marketing. Diharapkan hal tersebut dapat Anda terapkan dalam membangun suatu bisnis. Jika Anda membutuhkan seputar konsultasi bisnis dan ingin meningkatkan brand awareness, Digital360 solusinya!
One thought on “Kenali Apa Itu Brand Marketing dalam Meningkatkan Awareness”