Education

Macam-macam Investasi untuk Pemuda Jaman Now!

Untuk Anda para pemuda yang memikirkan masa depan pastinya akan melakukan investasi. Kegiatan penanaman modal ini sangat menarik jika dipelajari lebih lanjut. Istilah investasi hampir sama dengan menabung, yaitu untuk keperluan di masa depan. Tetapi dengan berinvestasi setidaknya Anda memiliki harapan untuk mendapatkan keuntungan yang menjamin masa depan Anda. Jika menabung, Anda menyimpan uang dan hasilnya tetap stabil.

Tetapi jika berinvestasi, dari penanaman modal (menabung) akan mendapatkan keuntungan dan hasilnya bisa bertambah. Tetapi Investasi tidak hanya membuat keuntungan, kalian juga dapat menerima kerugian jika tidak melakukan riset terlebih dahulu. Yuk ketahui 5 macam investasi yang paling aman buatmu!

Yuk Kenali 5 Macam Investasi untuk Pemuda Jaman Now!

Deposito

Investasi dengan angka kerugian yang rendah adalah deposito. Sebenarnya deposito sama dengan menabung di bank. Anda bisa menyimpan uang dengan mendapatkan bunga yang dapat dinikmati. Perbedaannya dengan menabung adalah kurun waktu pengambilan uang tersebut. Bila menabung biasa Anda dapat mengambil uang sewaktu-waktu jika membutuhkannya. Tetapi bila menggunakan deposito, uang yang Anda depositkan tidak dapat diambil dalam kurun waktu tertentu.

Contohnya, Anda ingin deposit uang 10 juta dengan bunga 6% perbulannya. Maka Anda harus menyepakati bahwa uang 10 juta dan bunganya tadi dapat diambil dalam kurun waktu 12 bulan. Anda tidak dapat mengambilnya di bulan ke-10 atau secepatnya. Investasi jenis ini cocok digunakan untuk Anda yang memiliki planning menyimpan uang agar tidak menjadi pribadi yang boros. Tetapi sesuaikan dengan kemampuan dan pemasukan Anda, mengingat Anda tidak bisa mengambilnya sewaktu-waktu.

Emas

Emas merupakan investasi jangka panjang yang paling disukai oleh masyarakat. Karena angka kerugiannya yang rendah dan stabil, mengingat harga emas selalu naik setiap bulannya. Ya mungkin bisa saja harga emas turun, tetapi angka penurunannya tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan harga naiknya.

Image Source: Pexels.com

Anda dapat membeli emas saat harga emas sedang turun, lalu menjualnya saat harga emas sedang naik. Mulailah berinvestasi dengan emas selama 5 tahun, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang berlebih. Emas juga bisa dijadikan dana darurat jika Anda membutuhkannya sewaktu-waktu. Jika Anda merupakan seseorang yang menginginkan investasi secara fisik, maka investasi emas adalah solusinya.

Properti

Sama dengan investasi emas, investasi properti membutuhkan dana untuk membeli suatu barang. Investasi properti juga investasi yang dapat dilihat secara fisik. Contoh dari investasi properti adalah tanah, rumah, apartemen, dan lain sebagainya. Keuntungan dari investasi jenis ini banyak. Yang pertama Anda dapat menyewakannya kepada orang lain dengan pendapatan yang masuk setiap bulan atau setiap tahun.

Selanjutnya, Anda dapat menjualnya sewaktu-waktu bila harga properti akan naik dimasa mendatang. Tetapi, Anda juga harus memikirkan biaya perawatannya. Mengingat jika rumah atau apartemen juga dapat rusak seiring dengan berjalannya waktu. Tingkat kerugian dalam investasi properti juga rendah, karena nilainya juga dapat dipastikan akan naik tanpa banyak fluktuasi.

Saham

Saham merupakan jenis investasi yang beresiko tinggi. Jika Anda tidak mempelajari atau meriset terlebih dahulu. Karena tingkat fluktuasi dari saham sangatlah tinggi. Tetapi Anda dapat berpotensi menghasilkan banyak uang dengan investasi saham. Investasi saham ini bisa dikatakan sebagai bukti kepemilikan sebuah perusahaan. Karena saat Anda membeli sebuah saham, maka Anda membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan yang menjual sahamnya.

Image Source: Pexels.com

Jadi semakin banyak saham yang Anda beli, maka semakin banyak pula kepemilikan perusahaan yang akan Anda dapatkan. Tetapi Anda juga harus mengetahui perusahaan yang terjamin, yang tingkat fluktuasinya rendah. Jika dibandingkan dengan investasi sebelumnya,resiko investasi saham terbilang yang paling tinggi. Jadi Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan investasi tersebut.

Reksadana

Reksadana juga termasuk dalam investasi yang beresiko tinggi, sama seperti investasi saham. Pengertian singkatnya adalah sebuah alat investasi dimana dana dari beberapa investor akan dikumpulkan menjadi satu untuk kemudian diinvestasikan ke berbagai investasi yang ada di pasar modal.

Jenis dari investasi reksadana ada banyak dan memiliki potensi resiko yang berbeda-beda. Untuk resiko terendah ada reksadana pasar uang. Anda dapat membeli produk reksadana yang sesuai dengan kebutuhan. Tentunya Anda juga diperlukan untuk melakukan riset lebih lanjut.

Baca artikel lainnya tentang Perbaiki Aset Diri, Yuk Mulai Investasi!


Lalu siapkah Anda untuk melakukan investasi dan memikirkan masa depan? Yuk mulai berinvestasi, kalian bisa memilih investasi yang tepat sesuai dengan pendapatan dan kebutuhan Anda. Tentunya juga harus bermodal riset dan pengetahuan agar saat berinvestasi akan berbuah keuntungan. Sebagai awalan, Anda bisa berinvestasi dengan tingkat resiko yang rendah.

One thought on “Macam-macam Investasi untuk Pemuda Jaman Now!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *