Strategi pemasaran sangatlah penting untuk Anda yang sedang membangun suatu bisnis. Untuk memasarkan sebuah produk yang efektif dan efisien dibutuhkan strategi yang baik. Pastinya Anda ingin mengerti strategi untuk memasarkan produk bukan?
Strategi cross selling dan up selling seringkali digunakan oleh masyarakat karena dinilai lebih efektif dalam menarik jumlah pembeli dan paling banyak memberikan keuntungan. Ada banyak hal yang perlu diketahui untuk menerapkan strategi cross selling dan up selling. Yuk baca lebih lanjut!
Apa Sih Upselling dan Cross Selling?
Pengertian Up Selling
Strategi up selling adalah teknik pemasaran yang menawarkan produk yang sama ke konsumen tetapi memiliki nilai produk yang lebih mahal. Tujuan up selling tentunya agar konsumen mau membeli produk dengan harga yang lebih mahal sehingga penjual akan memperoleh keuntungan. Contohnya bila Anda akan membeli handphone A yang mempunyai harga satu juta, lalu pihak penjual akan menawarkan handphone B yang harganya dua juta dengan spesifikasi yang lebih bagus.

Karena Anda berpikir bahwa spesifikasinya lebih bagus dan dibutuhkan, maka Anda membeli produk B yang nilainya dua juta. Strategi itu dinamakan dengan strategi up selling dengan menawarkan produk serupa tetapi memiliki harga yang lebih mahal.
Pengertian Cross Selling
Cross Selling adalah strategi pemasaran produk yang umumnya dilakukan untuk memaksimalkan penjualan dengan membuat konsumen mau untuk membeli produk yang diinginkan dan produk lain bisa menjadi pelengkapnya. Contohnya bila Anda ingin membeli handphone, maka pihak penjual akan menawarkan produk yang berkaitan dengan handphone Anda.

Misalnya kartu perdana, casing handphone, pelindung layar, dan lain sebagainya. Penjual akan menawarkan hal yang berkaitan dengan apa yang akan Anda beli. Secara harga, biasanya produk cross selling memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan barang utama yang dibeli. Hal ini bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar membeli produk lain yang sifatnya komplementer.
Cross Selling Vs Up Selling
Sebenarnya strategi up selling dan cross selling dapat digunakan secara bergantian. Anda dapat memaksimalkan kedua strategi tersebut berdasarkan kebutuhan konsumen. Tetapi jika melihat keuntungannya, Anda dapat memakai strategi cross selling terlebih dahulu. Karena teknik pemasaran cross selling tidak hanya menawarkan satu produk saja. Pembeli akan ditawarkan dengan segala produk yang berkaitan dengan produk yang akan dibelinya.
Jika up selling, Anda hanya bisa menawarkan satu produk dengan harga yang lebih mahal tetapi memiliki iming-iming punya kelebihan dibanding produk yang lebih murah. Baik cross selling maupun up selling merupakan strategi penjualan yang bagus, tetapi jangan lakukan secara berlebihan. Cobalah memilih beberapa item yang paling sesuai target misalnya bisa memenuhi keinginan, kebutuhan, dan minat konsumen.
Baca artikel lainnya tentang 4 Cara untuk Memulai Bisnis dari Nol!
Itulah pengertian dari strategi bisnis up selling dan cross selling. Strategi marketing tersebut tentunya akan lebih maksimal jika digabungkan dengan teknik yang lain. Seperti social media management, ads solution management, web and app development, dan lain sebagainya. Tentunya digital 360 siap untuk memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.
One thought on “Mengenal Strategi Upselling dan Cross Selling dalam bisnis”