Scroll to top
Get In Touch
Central Business, Kahuripan Nirwana Monroe No. 26,
ask@digital360.id
Ph: +62 857 0667 9500
Work Inquiries
work@digital360.id
Ph: +62 857 0667 9500

Pengaruh Google Review untuk Bisnis dan Cara Mudah untuk Mendapatkannya

Memasuki era serba digital, seluruh aktivitas dan kegiatan mulai bergantung pada kecanggihan teknologi dan internet, salah satunya seperti bisnis. Di masa lalu, dalam melakukan promosi, bisnis selalu bergantung melalui media koran, baliho, majalah, ataupun teknik dari mulut ke mulut guna mengembangkan bisnis mereka. Dengan munculnya era Digital 4.0 memudahkan segala bentuk urusan, sebagian pelanggan pun sekarang mulai menggunakan internet untuk menelusuri bisnis secara online.

Menurut Hootsuite, pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 4,540 milyar pengguna. Ini artinya peluang besar bagi para bisnis untuk terjun kea rah serba digital.

Lalu apa pengaruh ulasan Google Review untuk bisnis?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pelanggan dalam memilih bisnis Anda setelah melakukan pencarian, salah satunya adalah dengan melihat ulasan atau review. Terbukti pada online shop yang memiliki ulasan banyak dan berisi positif akan lebih menarik dan meyakinkan pelanggan. Begitu pula pada penulusuran Google, ulasan pengguna pada Google Review akan membangun tingkat kepercayaan dan kredibiltas. Semakin banyak ulasan pada Google review, semakin berpengaruh pula pada tayangan iklan di hasil penelusuran.

Step selanjutnya, bagaimana cara untuk mendapatkan ulasan pada Google Review?

  • Pastikan bisnis Anda sudah terdaftar pada Google Bisnisku

Jika Anda belum mendaftarkan Google Bisniku untuk bisnis Anda, segeralah. Karena dengan menggunakan fitur dari Google ini akan lebih memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Keuntungan dari Google Bisnisku ini adalah Anda dapat menambahkan informasi dasar terkait bisnis Anda seperti jam kerja, tautan situs website, dan alamat yang nantinya akan terdaftar juga pada Google Maps. Selain itu Anda juga dapat mengunggah foto dari produk Anda dalam bentuk katalog maupun unggahan foto biasa.

Google Bisnisku juga menyediakan kolom untuk ulasan yang dimana pelanggan dapat mengisi serta melihat ulasan-ulasan lainnya dengan mudah.

  • Kirim email sebagai pengingat

Pelanggan lupa memberikan review untuk bisnis Anda? Tidak perlu khawatir. Pasalnya, sebagian besar pelanggan tidak akan langsung memberikan ulasan terhadap produk dari website Anda. Mereka pasti harus benar-benar mengguanakan atau merasakan dari produk maupun layanan sebelum akhirnya mereka memutuskan untuk memberikan ulasan baik maupun buruk/kritikan.

Anda bisa mengirimkan email sebagai pengingat para pelanggan untuk melakukan review beberapa hari atau seminggu setelah melakukan transaksi produk. Dengan mengirimkan email pengingat Anda bisa me-link an email tersebut kea rah Google Review agar pelanggan lebih mudah dalam memberikan review.

  • Selain email, gunakan juga pengingat fisik

Jika Anda tidak sempat untuk menanyakan data email dari pelanggan, Anda bisa menggunakan metode lama, yaitu dengan memberikan kartu bisnis Anda dan dokumen lain yang Anda berikan (seperti informasi garansi), pertimbangkan untuk menambahkan kartu ulasan Google. Kartu ini dapat memberikan tautan dan petunjuk singkat untuk meninggalkan ulasan online. Ingatkan pelanggan bahwa berbagi pengalaman membantu orang lain.

  • Tanggapi ulasan dari pelanggan

Terlepas dari apakah Anda mendapatkan ulasan yang baik atau buruk, penting untuk menanggapi ulasan Google yang Anda terima. Namun, berhati-hatilah saat menanggapi ulasan negatif. Lihat ini sebagai kesempatan untuk belajar dan mengembangkan bisnis Anda. Tawarkan untuk membantu pelanggan dan memperbaiki keadaan, daripada mencoba berdebat dengan mereka.

  • Berikan yang terbaik pada pelanggan

Internet cenderung memperkuat pengalaman ekstrem. Akibatnya, sebagian besar orang yang akan memberikan ulasan untuk bisnis Anda adalah mereka yang benar-benar terpesona oleh layanan Anda atau mereka yang sangat kecewa karenanya.

Secara konsisten melampaui apa yang diharapkan pelanggan dan benar-benar membuat mereka kagum dengan layanan Anda akan memotivasi mereka untuk memberikan ulasan yang bagus di Google. Ini akan membuat mereka kembali kepada Anda di masa depan, membangun jenis loyalitas yang dibutuhkan setiap bisnis lokal untuk berkembang.

Itulah mengapa pentingnya ulasan di Google untuk bisnis Anda. Pasalnya, para pelanggan sudah banyak yang menggunakan internet sebagai tujuan awal untuk mencari sesuatu secara cepat dan mudah, Ketika Anda melakukan peningkatan pada jumlah ulasan di Googlem maka Anda sedang memperkuat reputasi digital untuk lebih menarik lebih banyak pelanggan.

Author avatar
syanampro
https://digital360.id

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WeCreativez WhatsApp Support
Tim Kami siap menjawab pertanyaan Anda!
👋 Hi, Saya Anam ada yang bisa dibantu ?