Apakah Anda ingin produk yang dijual terus dibeli dan digunakan konsumen? Siapa yang tidak mau jika produk yang dijual disenangi oleh konsumen. Untuk melakukan hal tersebut kalian harus mengetahui kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen hingga dapat menjangkau target market. Nah bagaimana cara meriset pasar agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan menjangkau target market? Riset pasar jawabannya! Yuk baca lebih lanjut disini!
Riset Pasar Adalah…
Riset pasar adalah suatu bentuk kegiatan berupa perumusan masalah, pengumpulan data, analisis, dan pelaporan yang disusun secara sistematis sebagai pedoman dalam menentukan strategi pemasaran produk. Secara umum, riset pasar adalah proses menganalisis kelayakan pemasaran suatu produk atau layanan baru. Metode ini memungkinkan suatu bisnis menemukan target pasar mereka. Baik bisnis besar maupun bisnis kecil disarankan untuk melakukan riset target pasar, packaging, pesaing, dan lain sebagainya.
Tujuan Riset Pasar Adalah…
Riset pasar bertujuan memahami kondisi pemasaran pada produk atau layanan terkait serta melihat peluang yang ada dalam lapangan. Informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengidentifikasi dan merumuskan strategi yang tepat bagi perusahaan.
Ruang Lingkup dari Riset Pasar Adalah…
- Harga Jual, Mengukur daya beli konsumen serta peluang produk digunakan
- Produk, Meliputi kegunaan, nilai, tampilan produk, hingga tingkat kegunaan (fungsi) produk
- Alat Pemasaran, Melihat efektivitas alat yang digunakan dalam pemasaran
- Distribusi, Melihat efektivitas alur distribusi produk kepada konsumen
- Konsumen, Menganalisis perilaku dan kebutuhan konsumen
Tips Melakukan Riset Pasar
Fokus pada Tujuan Riset Pasar
Anda perlu untuk menentukan tujuan riset terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar riset yang dilakukan akan efisien dan tidak melebar kemana-mana. Perhatikan apa yang menjadi tujuan penelitian. Apakah Anda ingin mengetahui platform marketplace yang sering digunakan oleh masyarakat? Bagaimana cara untuk mengetahui strategi promosi yang cocok untuk target pasar? dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tujuan penelitian yang akan Anda lakukan. Jika sudah mengetahui tujuannya maka akan mudah untuk melakukan riset pasar.
Mengetahui Target Pasar
Satu hal yang perlu Anda tahu tentang riset pasar adalah target pasar. Mendefinisikan pelanggan spesifik Anda memiliki banyak keuntungan untuk memahami strategi apa yang akan digunakan dalam menyusun materi pemasaran dan bagaimana pendekatan untuk membangun hubungan dengan pelanggan Anda. Biasanya target pasar diketahui dari usia, gender, penghasilan, dan lain sebagainya. Cobalah dikerucutkan dan mengumpulkan informasi tersebut melalui observasi dan meneliti jenis pelanggan yang sering melihat atau tertarik dengan produk yang Anda jual.
Siapkan Pertanyaan Sesuai Tujuan Riset
Sebelum melakukan riset pasar dan sudah mengetahui tujuan penelitian, serta target pasar, maka Anda perlu membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada calon pelanggan. Menyiapkan pertanyaan merupakan tujuan penting untuk memastikan riset yang dilakukan akan berjalan sukses. Buatlah beberapa pertanyaan dengan kalimat lengkap atau poin utama yang dapat dikembangkan. Pastikan alur wawancara secara sistematis.
Menawarkan Produk ke Target Pasar
Cara melakukan riset pasar adalah dengan menawarkan produk atau layanan yang Anda kembangakan kepada para target pasar. Tunjukkan produk dan jelaskan manfaat dan cara penggunaannya. Mintalah target pasar untuk mencobanya langsung dan meminta pendapat langsung baik yang negatif maupun positif. Hal ini penting dilakukan untuk menguji coba produk atau layanan yang akan Anda jual. Masukan positif dapat menjadi bahan untuk meningkatkan mutu produk Anda, sedangkan masukan negatif dapat menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki produk Anda.
Lakukan Riset Kompetitor
Riset pasar dapat membantu Anda mengenali kompetitor. Hal ini penting untuk memastikan produk yang Anda jual dapat bersaing di pasar. Anda dapat melakukan riset kompetitor yang menghasilkan atau menjual produk yang sama seperti Anda. Dengan produk yang sama, tentu target pasar mereka juga sama. Kemudian, Anda dapat mempelajari kelebihan produk dan bagaimana cara marketing mereka. Pelajari kelebihan yang mereka gunakan dan cobalah untuk mengembangkan dengan strategi yang sama.
Baca artikel lainnya tentang 5 Tips Meningkatkan Konversi di Digital Marketing
Itulah beberapa penjelasan tentang riset pasar yang dapat Anda terapkan. Ada banyak strategi dalam bisnis, salah satunya adalah riset pasar. Identifikasilah buyer persona, fokus pada satu segmen yang dituju, mengenali kompetitor, dan melakukan analisa.
One thought on “Riset Pasar Agar Bisnismu Makin Siap!”