Apakah Anda ingin mengetahui strategi digital marketing di tahun ini? Ataukah kalian ingin memahami strategi digital marketing yang dapat diterapkan dalam bisnis Anda? Saat ini digital marketing telah berevolusi dan mengalami banyak sekali perubahan. Penerapan argumen reality yang sebelumnya dianggap sebagai tektik yang kurang efektif, sekarang sudah mulai banyak diterapkan dengan mudah.
Agar perencanaan marketing bisnis Anda tetap efektif dan relevan, pembaruan strategi marketing secara berkala sangatlah dibutuhkan. Yuk ketahui beberapa strategi digital marketing yang diprediksi akan membawa dampak yang besar dalam beberapa tahun kedepan!
Yuk Ketahui Strategi Digital Marketing di Tahun 2022!
Menampilkan Konten Interaktif
Siapa yang tidak menyukai konten yang interaktif? Konten interaktif seperti kuesioner, polling, puzzle, dan lain sebagainya saat ini makin populer untuk diterapkan karena dinilai efektif dalam menarik perhatian audience secara instan.
Anda juga menjadi lebih dekat dengan audience loh. Selain untuk menawarkan nilai lebih dalam target audience, konten interaktif bisa Anda gunakan sebagai alat eksperimen untuk mengetahui hal yang banyak diminati oleh target audience Anda.
Memperbanyak Konten Video
Pada zaman milenial saat ini, masyarakat cenderung menyukai melihat video pendek atau singkat dari pada membaca suatu informasi. Oleh sebab itu, pemanfaatan video sebagai sarana dan strategi digital marketing mulai populer diterapkan baik oleh brand besar maupun kecil.
Tidak hanya lebih diminati oleh audiens, konten dengan format video juga akan memberikan Anda ruang yang lebih luas untuk menonjolkan fitur dan kelebihan dari suatu produk atau layanan yang ditawarkan dengan cara yang menarik.
Berjualan Melalui Sosial Media
Sosial media e-commerce merupakan salah satu tren digital marketing yang diprediksi memiliki potensi yang besar kedepannya. Saat ini sudah banyak bukan brand-brand besar yang menjual dan memasarkan produknya melalui sosial media? Hal ini juga didukung dengan semakin banyaknya media sosial yang meluncurkan fitur berbelanja pada platform mereka.
Seperti TikTok Shop dan Instagram Shop. Berjualan di media sosial akan sangat menguntungkan karena akan mempersingkat pengalaman dalam berbisnis. Dengan begitu, potensi konsumen untuk membeli produk akan meningkat.
Membangun Brand Partnership
Apakah Anda dapat membayangkan jika satu brand yang besar berkolaborasi dengan brand besar yang lain? Akan bagaimana membludaknya suatu produk bila dipasarkan? Belakangan ini banyak brand yang menuai kesuksesan dengan menjalankan campaign kolaborasi dengan brand lain.
Kerjasama atau kolaborasi pun sebetulnya tidak perlu dilakukan dengan nama-nama atau brand besar. Anda juga bisa menjalin kolaborasi yang efektif dengan brand yang memiliki produk-produk yang berkaitan dengan dari brand Anda. Kolaborasi ini juga bisa Anda terapkan pada strategi digital marketing Anda.
Membangun Network dan Komunitas
Jika bisnis yang Anda jalankan termasuk dalam skala kecil, mungkin akan sulit berkompetisi secara organik dengan akun atau bisnis besar di media sosial bukan? Sehingga sering kali dibutuhkan biaya iklan atau ads. Solusi dari tantangan digital marketing di atas adalah dengan memanfaatkan fitur yang ditawarkan oleh platform media sosial untuk membangun komunitas brand Anda sendiri.
Dengan membuat sebuah platform komunitas atau grup, brand atau bisnis Anda dapat berkomunikasi secara langsung dengan para audience yang sama-sama tertarik dengan bidang yang brand Anda tawarkan. Hasilnya, mereka dapat berkomunikasi secara langsung dengan beberapa member dan audience dan membangun rasa kepercayaan dengan brand atau bisnis Anda.
Baca artikel lainnya tentang 3 Strategi Penentuan Harga Jual
Itulah beberapa tips strategi digital yang bisa Anda terapkan di tahun ini. Diharapkan strategi tersebut tidak hanya dapat diterapkan pada tahun ini saja. Namun dapat diprediksi dan diterapkan dalam beberapa tahun kedepan. Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait digital marketing, Anda dapat berkonsultasi dengan kami Digital 360. Dan jangan ragu untuk memakai layanan kami untuk bisnis Anda!
2 thoughts on “Strategi Digital Marketing di Tahun 2022”