Content Writing

Teknik Copywriting Gelar S3 Marketing!

Siapa yang sering liat spanduk-spanduk viral di luar sana? Nah, viralnya spanduk tersebut karena diciptakan dengan teknik copywriting yang tepat! Copywriting merupakan cara penjualan dengan membuat tulisan yang tepat. Meskipun sederhana, namun copywriting memiliki peran yang besar bagi bisnis. Belajar copywriting dengan baik akan membuat proses digital marketing Anda makin lengkap. Yuk baca lebih lanjut disini!

Copywriting Adalah…

Copywriting adalah teknik penulisan yang tepat dan menarik untuk menarik masyarakat membeli sebuah produk yang ditawarkan atau diiklankan. Pengertian copywriting juga meliputi semua upaya untuk mempengaruhi orang melakukan sesuatu seperti sebuah ajakan dalam poster, mencoba seseorang untuk mencoba suatu aplikasi tertentu, bergabung di grup gratis, dan lain sebagainya.

Copywriting merupakan bagian tak terpisahkan dari digital marketing, copywriting sudah dimulai dari era promosi offline. Seperti digunakan dalam pembuatan advertorial, billboard, sales letter, dan lain sebagainya. Biasanya orang yang melakukan pekerjaan copywriting disebut sebagai copywriter. Melewati copywriting, penulis tidak bisa sembarangan dalam hal menulis. Karena membutuhkan kreativitas dalam menyusun copywriting agar target audiens dapat tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Bagaimana Cara Membuat Copywriting agar Mendapatkan Gelar S3 Marketing?

Gunakan Teknik Storytelling

Image Source: Pinterest.com

Cara ini dapat membuat konsumen Anda secara emosional terhubung dengan brand atau produk yang Anda tawarkan. Efeknya, pesan dari sebuah brand akan lebih mudah untuk diterima mereka dan menghasilkan lebih banyak keinginan call to action. Cobalah untuk menceritakan hal yang dianggap menarik dalam brand yang Anda tawarkan, seperti bagaimana perjalanan membangun bisnisnya ataupun kegiatan apa saja yang dilakukan dalam sebuah perusahaan. Biasanya masyarakat lebih menyukai ketika mereka diceritakan daripada harus membaca dan mencari tahu sendiri. Hal ini juga membuat brand yang Anda tawarkan akan lebih dikenal oleh masyarakat.

Menampilkan Data dan Statistik yang Jelas

Untuk memperkuat pesan dari sebuah brand, Anda juga harus memberikan data dan statistik yang relevan dari sumber-sumber yang kredibel. Tujuannya agar calon konsumen lebih mempercayai brand yang Anda tawarkan dan meningkatkan potensi konversi penjualan. Contohnya ketika Anda menawarkan suatu produk makanan, jangan clickbait dengan menuliskan “Raffi Ahmad Pernah Makan di Restoran Ini”.

Image Source: Pinterest.com

Memang akan terlihat menarik diawal namun lama-kelamaan pengunjung yang datang kesana sudah tidak terlalu tertarik lagi dengan iklan yang murahan seperti itu. Apalagi jika Raffi Ahmad tidak pernah datang ke tempat makan tersebut, wah bisa gawat jika diprotes. Gunakanlah data yang tepat, jika memang bukan artis setidaknya orang yang terkenal di lingkungan tempat makan yang Anda tawarkan.

Menjelaskan Manfaat Produk

Image Source: Pinterest.com

Selain menonjolkan fitur, Anda juga perlu untuk menginformasikan seputar manfaat yang diberikan oleh produk Anda. Karena banyak calon konsumen yang mencari tahu produk berdasarkan manfaat yang bisa diterima untuk diri mereka. Gunakanlah kata-kata yang menarik dalam menjelaskan fitur produk namun juga jangan terlalu melebih-lebihkan atau mengklaim produk yang Anda tawarkan memiliki fitur yang sebenarnya tidak dimiliki. Hal tersebut malah membuat konsumen tidak mempercayai produk yang Anda jual dan tidak melakukan pembelian secara berulang.

Baca artikel lainnya tentang Riset Pasar Agar Bisnismu Makin Siap!


Itulah teknik copywriting yang dapat kalian gunakan dalam membuat sebuah konten marketing. Jangan lupa untuk mengaplikasikan berbagai strategi yang tepat dan menganalisa mana stategi yang paling bagus dalam menjangkau target audiens. Jika Anda membutuhkan bantuan dalam digital marketing, serahkan saja pada kami Digital360 yang dapat melayani berbagai hal untuk membangun bisnis Anda menjadi lebih baik!

2 thoughts on “Teknik Copywriting Gelar S3 Marketing!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *