Education

Virtual Assistant itu Apasih?

Apakah kalian mengetahui pekerjaan tentang virtual assistant? Apakah kalian mau kerja dari rumah dengan waktu yang fleksibel namun digaji ratusan dollar? Wah sangat menggiurkan bukan. Di tengah pandemi covid-19, banyak sekali profesi yang tadinya tidak terlalu diminati sekarang mulai dilirik. Salah satunya adalah profesi virtual assistant. Bahkan menurut survey, permintaan pasar akan profesi virtual assistant sebesar 257 juta di seluruh dunia. Jumlah tersebut diprediksi akan semakin bertambah lho! Tetapi virtual assistant itu apasih? Yuk pelajari lebih lanjut!

Yuk Ketahui Jenis Pekerjaan yang Bisa Dikerjakan Dirumah dan Fleksibel!

Pengertian Virtual Assistant

Virtual Assistant adalah orang yang memberikan layanan administratif dan dukungan bisnis kepada perusahaan dari jarak jauh atau remote. Pada dasarnya, profesi ini sama dengan asisten pada umumnya, hanya saja virtual assistant dapat dilakukan secara virtual atau online. Seiring dengan berkembangnya teknologi, profesi ini semakin diminati oleh perusahaan, karena dinilai efektif dan efisien.

Image Source: Pexels.com

Virtual assistant dapat melakukan tugas tertentu yang diminta oleh perusahaan atau klien untuk mendukung jalannya bisnis. Biasanya virtual assistant bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan. Namun, tidak jarang ada juga yang berstatus freelance , mereka berpindah kontrak dari satu perusahaan ke perusahaan lain.

Skill yang Wajib Dimiliki oleh Virtual Assistant

Sebenarnya skill yang dibutuhkan akan tergantung dari jasa yang ditawarkan. Namun, skill wajib yang harus dimiliki oleh virtual assistant pada umumnya meliputi:

  • Komunikasi dengan Bahasa Inggris, Karena 95% klien dari Virtual Assistant berasal dari luar negeri.
  • Mengoperasikan Microsoft Office, Termasuk dalam mengoperasikan word, excel, dan power point.
  • Mengoperasikan Layanan Google, Layanannya termasuk Google Docs, Google Drive, Google Sheets, dan Google Slides.
  • Decision Making, Pengambilan keputusan yang tepat merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh profesi ini.
  • Manajemen Waktu, Sangatlah penting untuk mempunyai skill manajemen waktu karena hal tersebut berguna dalam menata jadwal untuk mengerjakan berbagai macam tugas yang harus dilakukan.

Tugas dan Tanggung Jawab Virtual Assistant

  • Asisten Pribadi, Sama dengan asisten pada umumnya, tugas dari seorang virtual assistant adalah bertanggung jawab untuk menjadi asisten pribadi dalam klien atau perusahaan.
  • Entri Data, Virtual assistant akan membantu klien dalam mengentri suatu data. Mengumpulkan data, memeriksa keakuratannya, dan menghapus data yang tidak diperlukan.
  • Mengelola Media Sosial, Terkadang virtual assistant akan diminta untuk mengelola media sosial oleh klien atau perusahaan yang bersangkutan.
  • Melayani Pelanggan, Dalam perusahaan yang bergerak di bidang produk atau jasa, virtual assistant terkadang diperlukan untuk melayani pelanggan. Sama halnya dengan customer service.
  • Mengelola Email, Bertanggung jawab untuk mengecek dan mengelola email perusahaan atau klien. Email tersebut biasanya juga harus diperlihatkan kepada atasan.

Gaji Seorang Virtual Assistant

Image Source: Pexels.com

Nah untuk gaji seorang virtual assistant akan berbeda tergantung dengan statusnya. Tergantung juga dengan apa yang mereka lakukan untuk sebuah perusahaan. Biasanya tugas dan tanggung jawab virtual assistant berbeda-beda. Dilihat dari rata-rata gajinya, untuk seorang fulltime virtual assistant mencapai angka 86 juta per tahun. Sedangkan untuk freelance virtual assistant digaji dengan rata-rata 60 ribu hingga 150 ribu per jam

Baca artikel lainnya tentang 15 Istilah Penting dalam Data Analytics!


Itulah beberapa pengertian tentang virtual assistant, apakah kalian tertarik untuk bergabung dan bekerja dalam bidang tersebut? Tentunya tidak dapat sembarangan ya, gaji yang didapat juga tergantung apa yang akan kalian lakukan nanti. Janganlah tergiur dengan gaji yang besar dan nominal dollar saja. Perkuat segala aspek skill yang Anda miliki agar dapat bekerja di virtual assistant!

2 thoughts on “Virtual Assistant itu Apasih?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *