Apakah Anda takut jika ditolak oleh klien penting? Atau Anda tidak bisa tidur karena memikirkan calon klien? Jangan biarkan tenaga Anda habis akibat terlalu memikirkannya. Tentunya tidak ada yang menyukai penolakan, karena penolakan adalah sebuah hal yang menyakitkan. Terutama dalam bidang bisnis saat Anda sedang menginginkan seorang klien, eh malah ditolak. Wah jangan sampai hal tersebut terjadi kepada Anda ya. Yuk simak tips dibawah ini agar tidak ditolak klien!
Yuk Kenali Tips agar Tidak Ditolak Klien!
Mengurangi Rasa Cemas
Pastinya Anda sering merasa cemas bukan? Untuk bertemu dengan calon klien, kalian harus berpikir secara positif. Jika Anda sering berpikir secara negatif secara terus-menerus maka akan mengurangi performa kerja Anda. Otomatis calon klien akan merasa tidak percaya dengan Anda.

Buatlah pikiran yang positif dengan menambah rasa percaya diri dalam diri Anda. Setiap pagi lihatlah diri kalian di cermin dan ucapkanlah kata-kata “Aku bisa” secara berulang kali. Anda juga dapat mengurangi rasa cemas dengan cara memakai karet gelang di tangan. Setiap kali Anda mulai memikirkan hal yang negatif, maka tarik karet tersebut hingga Anda merasakan sakitnya. Hal ini menjadi pengingat bagi Anda untuk selalu berpikir secara postif.
Membuat Jadwal dengan Calon Klien
Anda dapat membuat jadwal telepon dengan calon klien setiap hari di jam yang sama. Tentunya cara ini membutuhkan effort ya. Anda bisa mencari beberapa calon klien dan menelfonnya satu-satu dari mereka untuk melakukan penawaran.
Setidaknya Anda mempunyai backup planning jika ditolak oleh satu klien. Tentunya tidak hanya satu calon klien di dunia ini bukan? Ada banyak sekali calon klien di dunia ini. Oleh sebab itu janganlah patah semangat dan teruslah berusaha.
Riset Background Calon Klien
Untuk mendapatkan klien, Anda perlu meriset background calon klien terlebih dahulu. Anda harus mengerti instansi mereka darimana, fokus di bidang apa, dan lain sebagainya. Jika kalian meriset background calon klien terlebih dahulu, maka perbincangan antara Anda dan calon klien akan terasa lancar.

Hal ini dapat membuat calon klien Anda tertarik terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Kalian juga dapat menjelajahi lebih banyak potensi kerja sama. Oleh sebab itu jangan biarkan sistem kejar target menjadi alasan Anda untuk tidak sempat meriset detail calon pelanggan Anda.
Menyiapkan List Pertanyaan dan Follow Up Plan
Calon klien kalian tentunya bukan orang yang mempunyai banyak waktu. Jika Anda sudah mengadakan perjanjian. Maka buatlah list pertanyaan dan beberapa materi untuk disampaikan ke calon klien Anda. Mungkin bertemu klien hanya 30 menit hingga 1 jam. Tentu waktu tersebut masih belum cukup untuk menjelaskan proyeksi masing-masing kan?
Maka dari itu Anda dapat menyiapkan list pertanyaan dan materi yang penting untuk disiapkan pada calon klien. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dari Anda. Terakhir jangan lupa menyiapkan follow up plan. Misalnya untuk petemuan berikutnya mau meeting dengan pembahasan apa atau perlu mengirim dokumen apa saja.
Menyiapkan Memberi “Sesuatu” ke Calon Klien
Selain produk atau jasa utama yang ditawarkan kepada calon klien. Anda dapat memberi skema “gratis” layanan atau produk. Kalian juga dapat memberi beberapa bundle produk yang Anda tawarkan.
Hal ini akan membuat calon klien Anda respect terhadap Anda. Tentunya hanya kepada calon klien yang dirasa menjanjikan. Jangan semua calon klien akan Anda tawari. Siapkan beberapa perjanjian yang harus ditanggung ataupun yang ditawarkan.
Menyiapkan Proposal yang Spektakuler
Apa yang paling pertama dilihat oleh calon klien sebelum bertemu dengan Anda? Proposal bukan? Cara Anda membuat proposal juga menjadi salah satu bagian penting agar calon klien tertarik dengan perusahaan Anda.
Kalian dapat menulis prospek penting dan tujuan perusahaan Anda. Buatlah proposal semenarik penting tetapi dengan menunjukkan fakta ya. Dijamin calon klien akan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
Baca artikel lainnya tentang Yuk Mengenal Teknik Soft Selling untuk Promosi Bisnis Anda!
Itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan agar tidak ditolak klien idaman. Jangan lupa untuk selalu percaya diri dan persiapkan segalanya dengan baik. Sama seperti jodoh, jika sudah takdir maka calon klien akan datang kepada Anda. Tetaplah semangat dan branding perusahaan Anda dengan menggunakan layanan Digital360.