Content Marketing

Yuk Kenali Perbedaan Reach dan Impression di Instagram!

Jika Anda menggunakan media sosial Instagram sebagai konten pemasaran dalam bisnis Anda. Tentunya harus mengetahui fitur reach dan impression. Baik reach maupun impression sama-sama mengukur performa dalam sebuah konten. Anda dapat melihat reach dan impression di insight yang ada dalam fitur instagram. Keduanya dapat dilihat untuk mengukur performa dalam bisnismu. Yuk kenali perbedaan reach dan impression agar bisnis di sosial mediamu lebih terlihat!

Kenali Perbedaan Reach dan Impression!

Pengertian Reach

Istilah reach dalam bahasa Indonesia yaitu jangkauan. Yang berarti ada berapa banyak orang yang menjangkau postingan Anda secara langsung. Reach dalam instagram digunakan untuk menghitung total orang yang melihat sebuah konten secara langsung.

Reach: Fokus terhadap jumlah pengguna.

Ada tiga jenis reach yang digunakan:

  • Organic Reach, yaitu berapa banyak orang yang melihat konten Anda secara gratis. Orang-orang yang memfollow Anda dan berhubungan dengan akun Anda.
  • Paid Reach, yaitu berapa banyak orang yang melihat konten Anda yang telah diiklankan. Jika Anda mengiklankan postingan Anda, maka ada orang lain yang diluar jangkauan followers Anda dapat tertarik dengan postingan atau akun Anda.
  • Viral Reach, yaitu berapa banyak orang yang melihat konten Anda dengan hubungan yang berinteraksi. Semisal Anda memposting sebuah konten, ada si A dan si B yang saling berteman di Instagram. Si A memberikan like dan komentar pada konten yang Anda bagikan. Maka si B dapat melihat konten Anda tanpa memfollow akun Anda, karena adanya hubungan interaksi dari si A.

Pengertian Impression

Istilah Impression dalam bahasa Indonesia adalah impresi. Jika diartikan impresi memberikan kesan atau pengaruh terhadap pikiran. Dalam pengartian instagram, singkatnya impression diartikan sebagai dalam berapa kali satu postingan yang anda bagikan dilihat oleh orang-orang (muncul di layar handphone pengguna tanpa mengklik).

Impression: Fokus terhadap jumlah postingan muncul, dilihat orang.

Impression digunakan untuk mengukur jumlah tayangan dari konten yang Anda bagikan. Jenis impression juga sama seperti reach yaitu organic, paid, dan viral. Tetapi dalam insight instagram dapat dilihat impression from home, from profile, from explore, dan lain sebagainya.

Lalu Apakah Perbedaan Reach dan Impression?

Reach dan Impression saling berhubungan. Tidak dapat dipisahkan secara langsung. Singkatnya reach mengacu kepada penggunanya (jumlah akun), sedangkan impression mengacu pada kontennya (jumlah yang melihat konten). Jumlah impression selalu lebih banyak dibandingkan dengan jumlah reach. Misalnya dalam satu postingan ada 1.000 orang dalam reach, lalu ada 1.500 dalam impression.

Maka ada sebanyak 500 pengguna yang melihat konten anda secara berulang. Karena konten yang Anda bagikan tidak hanya muncul sekali di layar handphone pengguna. Bisa saja muncul secara berulang, melalui fitur pencarian ataupun hastag. Setidaknya mereka telah melihat postingan Anda tanpa adanya interaksi. Anda dapat melihat reach dan impression dari post insight instagram. Karena fitur insight untuk melihat performa dari setiap postingan.

Baca artikel lainnya tentang Yuk Pahami Peran Sosial Media dalam Pertumbuhan Bisnis!


Lalu mana yang penting antara reach dan impression? Sebagian orang lebih memutuskan untuk mengutamakan reach karena mengacu pada jumlah orang yang melihat postingan Anda secara langsung. Karena valid dan kredibel melihat jumlah orang yang berinteraksi dengan akun Anda. Tetapi untuk mengoptimasi sebuah konten strategi, kalian perlu untuk menggunakan impression.

Karena Anda dapat melihat konten Anda keluar dimana saja, dari page beranda, profil, pencarian, hastag, dan lain sebagainya. Untuk Anda yang ingin mengoptimalisasi akun bisnis Anda di instagram, silahkan menggunakan jasa sosial media management yang kami punya. Yuk buat bisnismu mencapai target omset dan menjangkau pengguna lebih banyak! Lihatlah portofolio kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *